TWAL 17 PULAU RIUNG, SURGA DI PANTURA FLORES



Riung merupakan salah satu tempat pariwista yang ada di kabupaten Ngada, dengan tempat wisatanya yang terkenal adalah Taman Wisata Alam Laut (TWAL) 17 Pulau Riung. Secara geografis, Ruing berada pada koordinat antara 80025’-9000’LS dan 120045’-121050’BT, dengan luas 9.990 hektar yang membujur dari arah timur ke barat daya di utara Pulau Flores. Taman Wisata Alam Laut (TWAL) 17 Pulau Riung dengan segala keindahan panorama alamnya yang memanjakan mata dan keindalah taman bawah laut yang menakjubkan di setiap sudutnya. Selain TWAL 17 Pulau, riung juga memiliki objek yang tak kalah menariknya yaitu “Komodo” biasa masyarakat Riung menyebutnya dengan “Mbou Riung” (Varanus Riungensis). “Mbou Riung” disini memiliki warna yang lebih bagus dari komodo yang ada di Labuan Bajo dengan warna dominan batik. Akan tetapi Varanus Riungensis ini mempunyai ukuran bentuk tubuhnya lebih mungil dibandingkan dengan komodo. Untuk melihatnyapun agak sedikit susah, sebab kehidupannya masih sangat liar, sehingga untuk dapat melihatnya kita harus menyediakan seekor kambing (Kecil) untuk mengumpannya.
Ada lagi nih untuk para pecinta Sunset, tempat yang paling bagus nan indah untuk melihat Sunset ada di pantai watulajar, yang jaraknya sekitar 3 - 4 KM dari ibu kota Kecamatan Riung dengan waktu tempuh  kurang lebih 1 jam dengan kendaraan roda 2 atau roda 4. Sementara, untuk melihat sunrise, kita dapat menikmatinya dari Watu Zape (15 menit dari ibukota kecamatan riung). Watu Zape ini merupakan sebuah bukit, dimana kita bisa melihat secara keseluruhan pemandangan 17 Pulau dan sunrise yang indah.
Selain wisata pantai, sunset dan surise. Riung juga menyediakan wisata budaya yang berupa tarian adat, Rame rentok, berburu adat, caci, tinju adat, dan lain sebagainya. Hanya untuk melihat wisata budaya tersebut, membutuhkan waktu2 tertentu saja (musiman) dan hanya tarian adat saja yang bisa ditampilkan untuk penjemputan (tundung lenggo ; tarian penjemputan para tamu).



Anda juga bisa mengunjungi waterfaal Rodang Puni yang berada di Riung Barat-Maronggela, sekitar 60 Km dari Ibu kota Kecamatan Riung dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 3 jam menggunakan kendaraan roda 4. Air terjun rodang puni sangat cocok untuk para pecinta tracking (Hitung2, lumayan buat latian naik gunung bray. hehehehe), sebab jalur yang disediakan cukup lumayan menantang bagi para pecinta kegiatan ekstrim. Selama dalam perjalanan menuju air terjun rodang puni ini,
kita akan selalu disuguhkan dengan pemandangan indah berupa padang savana yang sangat luas dan beberapa ternak yang berkeliaran dipadang tersebut serta suasana perkampungan yang masih tradisional banget menjadikan perjalanan wisata anda semakin seru. Sementara untuk yang lebih dekat dari ibukota Kecamatan Riung ada juga Air terjun buntang ireng yang terletak di Desa Sambinasi (Damu), untuk menuju air terjun buntang ireng ini, pengunjung bisa menggunakan mobil atau motor dan berjalan kurang lebih sekitar 2 Km. 

KAMI MENYEDIAKAN PAKET WISATA.
WA ; 0812 3834 8037
LINE : DITHO WAHYUDIN

Komentar

Posting Komentar