TWAL (Taman Wisata Alam Laut) 17 Pulau Riung

 

Oleh ; Al-Izhar

TWAL (Taman Wisata Alam Laut) 17 Pulau Riung. 

Adalah destinasi wisata yang memiliki banyak keindahan alam, mulai dari darat sampai laut. 

So, I will explain about that ;

TWAL 17 Pulau Riung adalah destinasi wisata yang berada di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada - Flores NTT. Letaknya tepat di bagian utara pulau Flores. Biasanya wwisatawan mengawali perjalanan dari Mangeruda Airport (Soa). Jarak yang ditempuh untuk sampai ke Riung, memakan waktu sekitar 2-3 Jam menggunakan Mobil. 

Setelah sampai di Riung para wisatawan bisa beristirahat di hotel atau homestay terdekat selama semalam. 

Anda than let's to Trip in Riung 17 Islands Marine Park. 



* Pukul 7:30 prepare dan sarapan. Kemudian menuju ke pelabuhan Yang berada di dusun Nangamese Kecamatan Riung. Para wisatawan bisa menggunakan kendaraan atau bisa juga berjalan kaki, karena hotel atau homestay jaraknya sangat dekat dari pelabuhan. 


* Pukul 8:00 tiba di Pelabuhan, kemudian langsung mengisi buku tamu atau mengambil karcis masuk kawasan 17 pulau Riung. Setelah itu para pengunjung menuju ke perahu yang sudah disediakan. Setelah semuanya siap,  Perahu berangkat menuju ke pulau Ontoloe / Pulau Kelelawar. Jarak tempuhnya sekitar 20 sampai 25 menit untuk sampai ke pulau tersebut. Di sana, para wisatawan bisa menikmati ribuan kelelawar yang berterbangan. 



* Pukul 9:00 menuju senorkeling point atau tempat senorkeling. Perjalanan menuju tempat senorkeling biasanya memakan waktu kira-kira 15 sampai 20 menit. Setelah tiba di tempat senorkeling, cussss nyebur. Ini yang paling spesial dari TWAL 17 Pulau Riung, kita bisa menikmati surga bawah laut, dengan melihat ribuan jenis terumbu karang, ribuan jenis hewan laut dan pastinya menikmati kejernihan air lautnya. 



* Setelah senorkeling kita akan berpindah menuju ke pulau Rutong. Disana kita bisa menikmati dan bersantai di pantai, sambil menunggu waktu makan siang yang disiapkan oleh Tour Guide dan Kapten Perahu. And than, take the lunch. Biasanya kita menghabiskan waktu sampai 2 jam untuk menikmati pulau ini. 

Setelah makan siang kita bisa berpindah tempat, untuk senorkeling dan menuju pulau tembang. Ini adalah spot terakhir yang akan kita nikmati. 

Biasanya waktu yang dihabiskan untuk menikmati destinasi TWAL 17 pulau ini dari pukul 8:00 sampai pukul 13:00.

And Go to back Home. 

So, Enjoy your trip. 

Nikmati karya Tuhan yang sesungguhnya.

Komentar